Kalo lu adalah seorang stand up comedian, dan lu ngerasa makin ke sini nulis materi itu makin susah, tenang… karena lu gak sendirian!

Bukan cuma komika baru, bahkan komika yang udah bertahun-tahun nulis jokes pun pasti pernah ngerasain yang namanya ‘mentok’. Ide baru tuh rasanya susah banget muncul di otak. Sekalinya kepikiran hal-hal yang pengen dibahas malah bingung mau diapain pembahasannya. Atau begitu udah bisa nulis materi baru, pas dibaca lagi kok gak lucu ya? Aarrrggg!

Gua juga sering banget kok ngerasa stres pas lagi nulis materi, tapi sampe sekarang gua gak pernah tuh kepikiran buat berhenti dari stand up comedy. Karena gua tau, justru proses yang melelahkan itulah yang bikin harga gua lumayan mahal, wkwk…

Nulis materi stand up comedy itu sebenernya dari dulu sampe sekarang polanya gak pernah berubah. Pertama, lu cari dulu apa yang mau lu bahas. Kedua, bikin jokes tipis-tipis seputar pembahasan itu. Ketiga, tampil di openmic. Keempat, rewrite materinya. Dan kelima, ulangi langkah ketiga dan keempat terus sampe materinya bagus.

Permasalahan komika yang ngerasa susah bikin materi dari dulu sampe sekarang juga gak pernah berubah. Pertama, lu males nyari apa yang mau lu bahas. Kedua, lu males memulai bikin jokes tipis-tipis seputar pembahasan itu. Ketiga, lu males tampil di openmic. Keempat, lu males rewrite materinya. Dan kelima, lu males ngulangi langkah ketiga dan keempat terus sampe materinya bagus.

Jadi saran dari gua, coba lu buang jauh-jauh rasa males lu. Sekarang! Karena berkesenian itu emang gak bisa instan. Terlalu banyak hal yang mempengaruhi prosesnya, dari mulai wawasan, pengalaman, waktu, tenaga, mood, bahkan keberuntungan berupa datangnya inspirasi dari alam semesta.

Makanya gua sih selalu maksain diri gua untuk gak males buat memulai nulis materi. Hampir setiap hari otak gua mikirin konsep jokes, seriusan, tentang apa pun yang gua liat, yang gua denger, yang gua rasa, semuanya gua pikirin “ini kalo mau dibikin biar lucu gimana ya?”. Selalu kayak gitu.

Hasilnya, gak semua yang gua pikirin itu bener-bener bisa jadi materi stand up comedy yang bagus. Tapi karena seringnya gua mikirin konsep jokes dari berbagai hal, kemampuan gua jadi terus terasah, dan gua juga jadi punya banyak tabungan ide di kepala gua. Gak usah kawatir, gak akan ada yang sia-sia. Tabungan ide itu suatu saat pasti bakal kepake, percaya deh, entah untuk pembahasan yang sama, atau mungkin untuk pembahasan lain yang baru aja lu pikirin.

Intinya, nulis materi stand up comedy itu susah, tapi jangan nyerah! Kecuali… kalo lu emang gak pengen-pengen amat jadi komika yang punya harga lumayan mahal kayak gua, wkwk…

***

Repost from: medium.com/@ridwanremin

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Join My Newsletter