Pencapaian Baru

Pencapaian dalam hidup gak perlu dihargai, cukup disadari. Karena dengan merasa sadar udah melewati sebuah pencapaian, otomatis hidup kita akan terasa lebih berharga.

Gua dari dulu emang gak pernah punya tujuan hidup yang besar deh kayaknya, jalanin aja yang ada di depan mata, kalo dirasa seru ngejalaninnya pasti akan berusaha sedikit demi sedikit supaya bisa lebih baik. Tapi kalo di tengah jalan ternyata gak asik, ya udah cari jalan baru atau puter balik.

Mungkin gara-gara itu, gua jadi bisa lebih notice sama pencapaian-pencapaian kecil yang gua dapetin, dan gak peduli-peduli amat sama pencapaian orang lain, wkwk…

Anyway,

Beberapa hari ke depan bakal ada lagi pencapaian baru di hidup gua, pencapaian yang udah cukup lama ingin gua capai sebagai stand up comedian, yaitu merilis Digital Download stand up comedy show yang berjudul The Only Wan! di Comika ID. Setelah 11 tahun lebih menjadi komika, di tanggal 5 Desember 2023 nanti kalian bisa membelinya dengan harganya 440 ribu (belum dipotong diskon member dan diskon-diskon lainnya yang mungkin bakal ada). Durasi videonya 1 jam 52 menit. Materinya sekitar 75% fresh, belum pernah ditampilin di tv atau sosial media mana pun.

Kok mahal? Kok durasinya gak sama kayak pas live? Kok gak semua materinya baru? Sabar, gua jawab satu-satu.

Sebelumnya gua mau ngasih tau dulu kalo merilis digital download adalah pencapaian layer tiga yang berhubungan sama karir gua di tahun ini. Pencapaian pertama, pengen bikin show yang bagus dan menyenangkan. Alhamdulillah, tercapai di 27 Mei 2023. Pencapaian keduanya, pengen punya dokumentasi yang baik dari pertunjukan yang bagus dan menyenangkan. Dan alhamdulillah, tercapai juga walaupun butuh berbulan-bulan ngeditnya sampai bisa memuaskan ribetnya gua soal detail-detail yang sebenarnya gak perlu. Tapi gak apa-apa, toh awalnya kan dokumentasi itu buat hiburan gua sendiri aja, jadi gua mau semaksimal mungkin hasilnya biar gua bisa ngerasa bahagia tiap nonton ulang pertunjukannya, sekaligus ngerasa bangga karena pernah punya materi dan penampilan sebaik itu. Nah, setelah kedua pencapaian itu terwujud, muncul keinginan untuk menciptakan pencapaian baru, yaitu merilis digital download dari dokumentasi yang baik dari penampilan yang bagus dan menyenangkan itu supaya orang lain juga bisa merasakan kebahagiaan yang sama seperti yang gua rasa setiap kali menyaksikannya. InsyaAllah, pencapaian ini akan segera tercapai.

Udah sih mau ngasih tau itu doang. Sekarang mulai gua jawab ya pertanyaan-pertanyaan yang sebelumnya gua tanyain sendiri di atas. Ngok.

Kok mahal? Awalnya malah kepikiran mau jual di atas 500 ribu tau. Beneran deh. Karena gua masih gak sepakat kalo harga digital download itu lebih murah dari harga beli tiket nonton langsung acaranya. Alasannya, pembeli digital download itu bisa menikmati tayangan di mana aja dan kapan aja, lu bisa pilih waktu terbaik lu untuk menikmati hiburan. Terus lu juga bisa tonton berulang-ulang seumur hidup tayangannya. Dan yang paling enak, lu hanya mengorbankan uang untuk bisa menyaksikan acaranya. Sementara itu penonton yang beli tiket secara langsung itu punya lebih banyak pengorbanan yang harus mereka bayar di luar uang yang mereka keluarkan. Penonton pertunjukan langsung mesti datang di hari yang udah ditentukan, dalam kondisi apa pun, acaranya cuma bisa disaksikan saat itu. Mereka harus ngorbanin waktu mereka mungkin satu hari full untuk datang dan nonton hiburan yang gak bisa mereka ulang. Mending kalo hiburannya beneran menghibur. Gimana kalo biasa aja tau malah berantakan acaranya? Apa gak lebih sedih dan kecewa itu. Jadi wajar lah kalo yang lebih enak mesti lebih mahal bayarnya. Kalo ada yang mikir, “Tapi nonton digital download gak mungkin lebih seru dari nonton langsung. Harusnya digital download lebih murah dong?”. Nggak, jawabannya: “Ya harusnya lu nonton langsung aja kemaren!”. “Tapi kan jauh, saya di luar kota dan saya juga yaj$2 bd13&, ikw, gimana?”. Sssttt… gak usah terlalu spesifik ngutarain permasalahan hidup lu ke gua, gua cuma komika bukan capres lu, anjay. Lagian ya, alasan kenapa gua mau rilis digital download tuh bukan karena gua pengen jualan. Ini alasan yang gua pake juga supaya harganya bisa tetap seperti yang gua mau, dan mau gak mau bakal lebih mahal dari harga digital download komika lain termasuk Pandji Pragiwaksono yang punya lapaknya. Gua bilang, “Dia mah mau jualan. Gua kan nggak.” (sambil ditutup pake emot ketawa miring biar dikira becanda).

Gua gak mau jualan, gua cuma pengen memfasilitasi orang-orang yang suka nanya “Ada digital download-nya gak bang?” Tiap kali gua posting highlight stand up comedy show ke youtube. Ya udah gua rilis nih pas ada kesempatannya. Jadi kalo masih ada yang nanya hal serupa, gua bisa jawab, “Ada dong!”. Tapi karena gua juga sayang sama materinya, dan gua juga punya prinsip yang udah gua jelasin di atas, jadi gua gak bisa jual lebih murah lagi. Ikhlasnya segitu. Gimana lagi atuh? Kalo nanti gak banyak yang beli karena dirasa kemahalan, gua sih gak masalah, santai, berarti emang gak sebanyak itu yang beneran pengen punya digital download gua. Cuktawlahyaw.

Lanjut ke pertanyaan berikutnya.

Kok durasinya gak sama kayak pas live? Buat yang belum tau, durasi live stand up comedy show The Only Wan! itu 2 jam 18 menit. Alasan utama kenapa ada materi yang dipotong, yaitu karena menyesuaikan harga. Seperti yang gua bilang, awalnya gua mau jual digital download itu di atas 500 ribu. Karena tiket on the spot acara gua 530 ribu, dan ada orang yang beli. Jadi gua pengennya jual di atas harga tiket yang udah terjual juga. Tapiii… Tiket pertunjukan gua itu kan ada 3 kelas. Tiket presale sebanyak 70% kapasitas di harga 260 ribu. Tiket reguler sebanyak 30% kapasitas di harga 350 ribu. Dan tiket On The Spot yang dikira gak akan ada yang mau beli itu di harga 530 ribu. Sebelum lanjut, kalo ada yang keganggu pikirannya dan di kepalanya muncul pertanyaan, “kok bisa ada tiket OTS? Bukannya abis ya tiketnya? Jawabannya: kan ada tiket undangan. Jual ajalah. Gua cuma nyiapin doang kursi undangan, tapi ngundang orang mah kagak. Siapa juga yang mau gua undang? Wkwk…

Lanjut.

Sebenernya ini agak cocoklogi. Kalo lu perhatiin ketiga jenis harga tiket di atas, kalo nominalnya dijumlahin tuh nilainya jadi 8. Kayak 260, 2+6+0=8. 350 dan 530 juga sama. Nah, di antara 350 dan 530 ada 440 yang kalo dijumlahin jadi bernilai 8 juga, dan belom dipake dikategori tiket. Jadilah angka itu yang keluar waktu pertama kali ditanya mau jual berapa sama orang Comika. Kenapa harus angka 8? Karena 8 itu katanya angka yang sempurna, sesempurna penampilan gua di acaranya, anjaaayyy.

Jadi karena harganya turun, akhirnya durasinya juga ikut dikurangin. Udah sih gitu aja. Wleee. Tapi tenang, gua motong materinya satu set kok, gak ganggu set yang lain. Oh iya, semua materi yang ditayangin gak ada yang disensor sama sekali. Jadi lu akan denger dengan jelas semua kata-kata kasar, sumpah serapah, nama-nama orang yang gua jadiin bahan, opini-opini dangkal yang rawan memancing keributan, dan semua hal yang gua omongin lah pokoknya. Makanya gua tulis peringatan di awal video; sebaiknya nonton pake headset aja, gak usah pake speaker simbada yang ditaro di kamar tapi suaranya bisa kedengeran sampe ke dalem sumur :p

Lanjut ke pertanyaan terakhir ya, udah kepanjangan nih tulisannya, siapa juga yang mau baca. Kurang kerjaan banget orangnya.

Kok gak semua materinya baru? Karena gua mau punya dokumentasi yang bagus buat materi-materi terbaik yang gua punya, jadi materi lama tetep ada yang gua bawain pas tampil di acaranya. Inget ya, awalnya gua gak pernah punya rencana buat bikin digital download. Gua cuma pengen bikin show yang bagus dan menyenangkan. Terus pas akhirnya bisa dirilis jadi digital download, gua juga males ngebuang materi yang menurut gua masih layak tayang dan lumayan nyambung sama materi-materi lainnya. Jadi yaudah lah biarin aja. Toh materi barunya juga banyak, lebih dari sejam tuh materi baru, cukup kali buat nyenengin pemirsa yang udah terlalu sering nontonin video standup gua di youtube mah, wkwk…

Jadi intinya. Anjay, akhirnya closing juga. Gua sangat senang dengan pencapaian yang sebentar lagi akan gua capai dan lewati dengan merilis digital download dari stand up comedy show terbaik yang pernah gua lakuin ini. Buat kalian yang mau beli, silakan, gua sangat senang kalau nanti kalian juga bisa merasakan kebahagiaan setelah menyaksikan pertunjukannya. Kalau kalian mau bikin tentimoni abis nonton, silakan juga, gua sangat senang kalau kalian mau mention gua dengan testimoni kalian. Tapi kalo testimoninya jelek, sebaiknya langsung dm ajalah ya, gak baik tau menyebarkan pengaruh negatif tuh, wkwk…

Terus buat kalian yang belum atau nggak pengen beli entah karena apa alasannya, gak apa-apa, silakan cari hiburan kalian sendiri di tempat lain. Ok, segitu aja. Makasih ya udah mau baca.

Bye.

8 Comments

  • Beres juga bacanya. (Setuju aja sih kalau dipotong, kata panji juga nilai nonton langsung sama lewat video pasti beda feel nya. Panji aja ada yang di senor)

    Siaplah buat beli, lumayan buat hiburan akhir tahun

  • gw cuma mau nanya bang, apakah ini cuma bentaran aja di jual nya atau bakal tersedia terus digital download Nya? karna ada pengeluaran yg HARUS gw utamain di bulan desember ini gw ada rencana pengen beli nanti2 aja, tpi yg pasti bakal gw beli bang. buat gw kasih tau ke keluarga gw kenapa bulan mei kemarin gw rela2in banget ke bogor dari JAKARTA wkwk

  • Bela2in nginep di surken bareng istri biar gak kena macet nonton di Harmoni. the only one adalah versi deep talk nya ridwan remin. 2 jam lebih dibikin pegel ini rahang, opener juga pecah semua. semoga dalam waktu dekat ada special show lagi bang. tetep gw bakal beli sih ini biar jadi koleksi digital gw.

  • Pengen beli, tapi kok 440 ribu. Tapi kalo gak beli kok nyesel. Solusinya apa ya? Padahal duit ada lo. Hahaha. Apa aku kurang ngefans ya? Haha

    Habisin dijitel daunlodku yg belum aku tonton dulu ah. Ntar kalau kehabisan tontonan baru beli yg ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

Recent Update

Stand up comedy show The Only Wan! persembahan Ridwan Remin bisa anda saksikan dengan cara membeli Digital Download di comika.id