Ridwan Remin itu Tidak Lucu

Komedi itu kan masalah selera, jadi yang menurut kita lucu belum tentu lucu juga menurut orang lain. Dan gak apa-apa, gak perlu menurut-menurut amat lah jadi orang, wkwk… Sama seperti pekerjaan lain, jadi stand up comedian pun ada resikonya. Dibilang gak lucu...

Stand Up Comedy Butuh Bakat?

Kalo udah bertahun-tahun ikut komunitas stand up comedy tapi karirnya masih di situ-situ aja, tenang, bukan berarti lu gak bakat. Mungkin karena lu gak lucu aja. Gua paling sebel kalo ada yang nganggep orang yang bisa jago di satu bidang itu karena bakat. Bakat tuh...

Mengenal Stand Up Comedy

Ada yang bilang, “tak kenal maka tak sayang”. Tapi kalo udah kenal apa udah pasti jadi sayang? Belum tentu. Bisa juga cuma jadi temen. Cie gitu. Awal perjumpaan gua sama kesenian stand up comedy tuh kira-kira di akhir tahun 2011. Gua liatnya di acara Stand...

Ditolak dan Menolak

Namanya juga kerja sama, bisa sama-sama kerja, bisa juga kerja sama-sama. Kalo gua sih milih yang pertama, sama-sama kerja. Karena kalo kerja sama-sama, biasanya kecil bayarannya, bahkan gak ada, wkwk… Ketika mutusin untuk sama-sama kerja, pasti ada yang namanya...

Openmic? Penting?

Buat gua sih openmic tuh penting banget, gak tau deh buat komika lain. Kalo sebuah materi stand up comedian itu bisa disebut sebagai karya, mungkin cuma di tempat openmic lah gua beneran bisa berkarya, karena di sana gua bisa ngejajal materi-materi baru yang gua...