Bertahan, Beradaptasi, dan Berbahagia

Orang yang kerja keras bisa kalah sama orang yang kerja cerdas, orang yang kerja cerdas bisa kalah sama orang yang kerja ikhlas, dan orang yang kerja ikhlas bisa kalah sama orang yang gak kerja tapi tanah warisannya luas.

Halo, selamat datang di blog baru gua. Setelah sekian lama kepengen punya domain sendiri akhirnya kesampean juga sekarang, yeay! Apa kabar? Masih sehat kan? Semoga ya.

Sebelumnya gua mau banyak ucapin selamat untuk lu yang lagi baca tulisan ini. Selamat karena lu bisa baca, selamat karena lu punya kuota, dan selamat karena sampai saat ini lu masih bertahan hidup! Alhamdu… lillah.

Covid emang anjing. Maaf, bukan maksud gua mau nyamain covid sama anjing, tapi… anjing emang covid.

Banyak hal yang berubah di tahun 2020 kemarin, dari segi ekonomi, gaya hidup, sampe kebiasaan-kebiasaan kecil kayak mau jajan ke warung aja rasanya beda banget. Apalagi di awal-awal masa PSBB (tepat setahun yang lalu), kita semua parno, kita semua takut, kita semua gak ada yang berani keluar rumah. Ya, kecuali Jerinx.

Tapi masa-masa itu sudah lewat. Meskipun pandemi belum usai, setidaknya kita udah sampai di sini, di hari ini. Itu bukti bahwa kita sanggup bertahan. Makanya, sekali lagi gua ucapin, “selamat!”.

Sekarang kita udah mulai masuk masa beradaptasi sama keadaan. Ada yang udah bisa, ada juga yang belum. Gapapa, gak semua orang punya kemampuan dan keberuntungan yang sama kan?

Gua mungkin salah satu orang yang cukup mampu dan beruntung bisa beradaptasi di masa pandemi. Gua gak ada masalah sama ekonomi, gua gak ada masalah sama gaya hidup, dan gua gak ada masalah sama kebiasaan-kebiasaan baru di masa sekarang. Satu-satunya masalah gua belakangan ini paling cuma jadi lebih pilih-pilih aja kalo mau gofood, takutnya nanti gua pesen ayam geprek, yang dikirim malah ayem sorry. Wkwk…

Secara kerjaan juga udah mulai stabil, meskipun emang gak selancar saat pandemi belom ada. Tapi setelah gua pikir-pikir, kerjaan gua berkurang bukan cuma gara-gara pandemi deh, mungkin karena gua udah turun pamor aja. Cuma gua tetep bersyukur karena gua cukup mampu dan beruntung bisa beradaptasi dengan kerjaan-kerjaan yang konsepnya bisa dibilang gak pernah kepikiran bakal gua lakuin sebelumnya. Stand up virtual, ngomong depan kamera, ngehibur kameramen, wtf. Untung bayarannya gede, hahaha.

Gua mau cerita sedikit gimana cara gua sampe akhirnya bisa beradaptasi dengan konsep kerjaan kayak gitu. Mungkin di antara lu udah ada yang denger atau tau ceritanya dari youtube atau siapa tau lu punya intel pribadi yang kepoin semua aktivitas gua kan? Siapa tau. Orang punya banyak duit mah bisa ngapain aja, nyewa akun bot buat nyerang sosmed orang aja bisa, masa mantau orang doang nggak :p

Pertama kali gua ditawarin stand up virtual itu kayaknya di bulan April 2020, kalo gak salah ya, tapi yang gua inget tuh tawarannya dateng dari Shopee. Dan waktu itu tanpa pikir panjang tawarannya langsung gua tolak, karena ya gua masih gak tau gimana caranya stand up tanpa penonton beneran? Ada penontonnya aja bisa gak lucu, apalagi gak ada penontonnya, wkwk…

Tapi tawaran serupa terus muncul di minggu-minggu berikutnya, gua lupa nolak berapa kerjaan, kayaknya lebih dari lima. Pokoknya lumayan banyak deh. Jadi buat lu yang masih suka ngeledekin gua karena gua nolak jadi opener Pandji, gua kasih tau aja, bukan Pandji doang yang gua tolak, jadi tolong diupgrade lah ledekannya biar tetep berasa lucunya :v
Lanjut ya. Karena tawaran stand up virtual itu terus datang, akhirnya gua mikir, “kayaknya gua gak bisa deh nolak terus.”, selain karena gua butuh duitnya, gua juga butuh ngerasain pengalamannya, sekaligus gua pengen buktiin ke diri gua sendiri, “masa sih juara 1 suci 7 Kompas TV disuruh tampil 15 menit tanpa penonton gak bisa?”, dan ternyata emang gak bisa, hahaha.

Semenjak itu gua jadi terus kepikiran, “gimana ya caranya biar bisa?”, dan mulai lah gua melatih satu per satu hal yang dibutuhin buat tampil stand up virtual. Salah satu ajang latihan gua adalah bikin podcast di bulan puasa, sama temen-temen gua di komunitas Stand Up Indo Bogor. Tadinya gua mau bikin podcast sendiri aja, tujuannya buat ngelatih diri gua untuk ngomong sendiri selama 10-20 menit dengan pembahasan yang random. Tapi gua gak berani sendiri, bingung mau ngomong apa, nanti bukannya bikin konten seru malah jadi ajang curhat mendayu-dayu. Emangnya gua siapa curhat di podcast? Rintiksedu?

Abis bikin podcast, dan gua ngerasa udah bisa nih ngoceh-ngoceh virtual, mulai lah gua bikin monolog kayak yang dilakuin sama kebanyakan komika saat itu. Tujuannya bukan buat viral, tapi buat ngebiasain diri ngebawain materi di depan kamera. Sendirian. Cuma waktu itu masalahnya gua gak tau mau bikin monolog tentang apa? Kalo bawain materi stand up yang lama kan gak asik, tapi kalo bawain materi stand up yang baru kan gak punya. Bingung deh. Untungnya waktu itu ada Kekeyi yang upload video musik terus jadi trending di youtube, yaudah gua bikin aja materi baru tentang dia, pasti gampang bikinnya, dan yang paling penting dia gak gampang tersinggung kayak anak di bawah umur lain. Hehehe ok gua putusin buat bikin materinya dan gua bawain depan kamera. Hasilnya bisa lu liat di youtube gua ya, siapa tau ada yang belom nonton, tapi udah gak lucu juga sih kalo ditonton sekarang mah, lebih lucu nonton video Introduction JKT 2019, cie gitu.

Abis bikin video reaction Kekeyi itu gua ngerasa persiapan gua udah ok, gua udah gak canggung lagi buat ngomong dan tampil bawain materi tanpa penonton. Tinggal nunggu jobnya aja nih, gua tungguin, mana ya, kok giliran gua udah siap malah gak ada yang ngajak sih, tai deuh.

Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya tawaran itu akhirnya datang dari program Comedy Lab Kompas TV, udah gak ada sekarang programnya, sedih deh. Tapi yang lebih sedih pasti pembawa acaranya sih, gua mah gak sedih-sedih amat sebenernya :p
Gua ambil tawaran di Comedy Lab sebagai ajang pembuktian sekaligus ajang latihan terakhir gua sebelum akhirnya nanti gua ambil tawaran corporate yang secara tanggung jawab dan bayaran, ehem, tentu lebih besar, wkwk…

Alhamdulilah di acara Comedy Lab itu penampilan gua juga cukup ok, bisa ditonton juga videonya di akun Stand Up Kompas TV ya. Kalo yang ini kayaknya masih lucu, walau tetep gak lebih lucu dari Introduc… ya itu lah pokoknya.

Singkat cerita, yang kayaknya gak singkat juga ya cerita gua dari tadi. Setelah itu gua mulai berani buat terima semua tawaran stand up virtual yang masuk, kalau gak salah dimulai dari bulan Agustus sampe bulan Desember tuh bisa seminggu sekali lah minimal gua tampil. Maksimal seminggu dua kali. Beda tipis, hehehe. Dan gua juga akhirnya terima tawaran dari Shopee yang datang lagi di akhir bulan November, videonya bisa ditonton di channel Shopee ya. Kata gua sih lucu, gak tau deh kalo kata penonton Brownies. Gua ngerasa puas sama penampilan gua di Shopee, dan gua ngerasa beruntung juga waktu pertama kali ditawarin di bulan April tuh gua tolak, coba gua terima, pasti bayaran gua gak lebih gede dari bayaran gua di bulan November, wkwk…

Terus sekarang, di bulan Maret 2021 ini gua kan lagi sibuk ngurusin laporan pajak tahunan. Gua jadi mesti rekap pendapatan gua di tahun 2020 kemarin dong, dan gua kaget, waw, sampe gitu kagetnya. Gua kaget karena setelah gua liat angkanya, gua jadi tau, tertanya di masa pandemi ini gua bukan cuma bisa bertahan, dan bisa beradaptasi, tapi gua juga bisa berbahagia dengan hasilnya. Alhamdu… lillah.

Mungkin itu aja kali ya buat postingan pertama gua di blog baru ini. Terima kasih udah mau baca sampe abis. Gua gak tau tulisan ini bisa bikin lu terinspirasi, atau bikin lu kesel sama gua karena gua pamer mulu dari tadi. Hehehe Ok, bye!

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

Recent Update

Stand up comedy show The Only Wan! persembahan Ridwan Remin bisa anda saksikan dengan cara membeli Digital Download di comika.id