Pengalaman Nonton: Jo Koy

Banyak stand up comedian yang bagus dari dulu sampe sekarang. Tapi, kalo gua disuruh pilih siapa yang terbaik di 2024 sejauh ini, dia adalah Jo Koy!

Tentu penilaian ini sangat subjektif. Karena selera dan pemahaman masing-masing orang dalam menikmati sebuah karya seni ‘kan gak sama.

Gua udah beberapa kali nonton pertunjukan Jo Koy di Netflix, dan kayaknya selalu ada kekaguman setiap kali beres nonton acaranya. Dari segi materi, delivery, interaksi, dan elemen-elemen lain dalam satu set pertunjukannya itu bikin gua sirik, karena jangankan buat bisa ngelakuin hal yang sama, buat kepikiran untuk punya pemikiran ngelakuin hal itu aja nggak. Paham gak sih?

Tanpa ada spoiler materi apa aja yang dia bawain, gua pengen ngasih tau betapa mengagumkannya penampilan Jo Koy: Live from Brooklyn yang baru aja selesai gua tonton di Netflix beberapa menit yang lalu.

Pertama, dari segi materi atau pembahasan yang dia lempar tuh kayaknya hampir semua topiknya relate sama gua, jadi gak perlu mikir keras buat paham sama semua hal yang dia omongin. Dan yang bikin kagum, dia selalu punya sudut pandang yang unik/baru gua tau dari setiap pembahasan yang sebenernya umum-umum aja. Jadi penonton selalu dibikin tertarik buat ikutin kelanjutan pembahasannya mau kemana. Terus pas pemikiran kita udah rela buat diajak jalan-jalan, variasi jalan menuju punch line atau titik kelucuan yang dia pilih juga sangat beragam, dari mulai ngebenturin harapan dengan realita, mengistimewakan hal-hal yang sering dianggap biasa, belum lagi act out atau gerak-geriknya juga total, terus ditambah dengan seringnya dia main sound effect yang bikin suasana jadi lebih kegambar setiap kali dia cerita, ah banyak banget lah berengsek.

Kedua, dari segi delivery atau cara dia ngebawain materi-materi yang menurut gua udah bagus banget itu dengan sangat menggebu-gebu, dalam artian dia terasa-sangat-ingin menyampaikan pembahasan ini. Dan itu bikin pengalaman gua sebagai penonton jadi kebawa antusias dan penasaran, “semangat amat bang, mau cerita apa sih?”. Gitu.

Ketiga, dari segi interaksi dengan penonton yang kayaknya selalu ada di setiap pertunjukan dia deh. Point ini bisa gua bilang udah jadi ciri khas dari Jo Koy yang mampu membuat penampil dan penonton tuh melebur dalam satu acara yang sama, jadi hampir gak ada pembahasan yang bener-bener monolog cerita sendiri doang. Selalu aja ada momen interaksi, baik langsung ataupun gak langsung ke penonton, jadi makin seru liat reaksi penonton yang bisa ketawa karena penampil, dan kadang malah penampilnya yang bisa ketawa balik karena respon penonton.

Terakhir, elemen-elemen lain yang bikin pertunjukannya kali ini kerasa makin lengkap adalah saat dia lagi ngebandingin; bagusan lagu hip-hop yang dia suka di zaman dulu daripada lagu hip-hop yang anaknya suka di zaman sekarang. Gua gak mau ngasih tau eksekusinya gimana, silakan ditonton aja, mantaplah pokoknya!

Untuk pengalaman nonton kali ini kebetulan gak ada hal yang gua gak suka dari keseluruhan penampilannya, anjay, keren banget dah emang gak ada lawan sejauh ini mah kalo kata gua mah. Dari awal sampai akhir bener-bener mengagumkan acaranya. Bikin sirik. Minder. Sekaligus menyadarkan gua untuk mengurungkan niat bikin show lagi di tahun ini, karena kayaknya tabungan materi yang gua punya masih jauh banget dari standard nilai bagus yang ada di kepala gua sekarang. Fak.

Tapi kalo mau nonton pertunjukan semi-semi show, kalian bisa datang aja di acara Duo Penghibur “Double Punch” tanggal 24 Agustus 2024 di RRI Jakarta Pusat. Di sana gua bakal tampil bersama Rindra Dana, durasi tampilnya kira-kira setengah jam lah gak lama-lama karena di dunia ini kan masih banyak hiburan lain yang bisa kalian nikmatin. Btw, acara ini persembahan dari managemen Hiburin, jadi segala info seputar acaranya bisa follow aja instagram mereka di @hibur.in ✨

Udah, segitu dulu ya tulisannya.

Terima kasih buat udah yang mau mampir dan baca sampe abis. Bye.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

Recent Update

Stand up comedy show The Only Wan! persembahan Ridwan Remin bisa anda saksikan dengan cara membeli Digital Download di comika.id