Pengalaman Nonton: Ricky Gervais

Ternyata orang tua yang nyebelin tuh gak cuma bisa bikin orang kesel doang, tapi juga bisa bikin orang ketawa kalo diimbangi dengan skill writing, publik speaking, dan storytelling.

Bertambah lagi sosok stand up comedian yang gua kagumi di dunia ini setelah nonton pertunjukan stand up comedy terbaru dari Ricky Gervais yang judulnya Armageddon. Sebenernya gua udah nonton beberapa show dia sebelumnya yang ada di netflix juga, tapi entah kenapa respon gua biasa aja. Mungkin karena gua bukan target penontonnya kali. Atau karena yang dia suguhin tuh bukan selera hiburan gua aja.

Kesan gua setiap kali nonton dia tuh kayak, “ah, ini mah bapak-bapak ngedumel doang”. Begitupun ketika nonton Armageddon. Di awal-awal penampilannya, gua masih punya kesan kayak gitu, dan akhirnya gua gak lanjutin nonton karena bakal buang-buang waktu doang. Mending gua lanjut push rank magic chess.

Tapi, setelah liat berita kalo pertunjukan ini menang penghargaan Golden Globe, gua jadi penasaran, dan lanjutin lagi nontonnya sampai kelar. Setelah itu gua jadi mikir, “keren banget dah ini orang.”

Mungkin secara gaya berkesenian yang dia sajikan gak akan banyak mengubah gua dalam berkesenian. Karena formula yang dia pake buat bikin joke kebanyakan bersumber dari adu-aduan data dan analisa, jadi agak susah juga buat dibawain di market sini yang senengnya liat acara komedi yang bersumber dari adu-aduan kepala kosong.

Meskipun gak akan banyak mengubah gaya berkesenian gua, tapi pertunjukan ini lumayan ngena dan bisa ngubah mindset gua dalam berpikir, seenggaknya setelah nonton gua jadi percaya kalo gak apa-apa loh jadi tua dan nyebelin. Masih bisa ngehibur orang kok.

Banyak premis di pertunjukannya yang bikin gua mikir, “iya juga ya”, “kepikiran aja lagi ke sana”, “anjir bisa gitu kesimpulannya”, dan lain-lainnya lah. Pokoknya pas nonton sih gua ngerasa banyak sepakatnya sama omongan dia. Kalo masalah lucu atau nggak, itu kan soal referensi. Kalo gua relate sama punch line-nya, ya lucu. Tapi kadang ada juga momen dia sesekali lempar punch line yang mungkin cuma orang-orang sana aja yang paham, jadinya gak kena ke gua. Kayak misal punch line seputar fedofilia. Orang sana mungkin ngerti banget konteksnya, sementara gua kan nggak.

Lanjut ke hal-hal yang gua suka dan gak suka dari pertunjukannya ya, biar gak kepanjangan nih muji-mujinya. Toh dia gak baca juga tulisan gua, wkwk…

Selain yang udah gua sampaikan di atas, anjay kayak surat undangan rapat pake kalimat begini. Dari sekian banyak hal yang gua suka, ada satu hal yang gua suka banget dari penampilannya, yaitu konsistensi posisioningnya dia sebagai orang tua yang nyebelin. Dalam arti, dia ngerasa banyak yang salah di dunia ini yang mestinya dibenerin. Dengerin gua nih, gua paling bener, lu semua salah. Semacam itulah. Makanya gua awal-awal nonton ngerasa gak sreg, karena ngerasa disalahin mulu penontonnya. Tapi setelah gua pikir ulang, mungkin itu cara dia buat nyaring orang-orang yang punya pemikiran terbuka, dan orang-orang yang mungkin cuma nonton karena penasaran doang terus punya pemikiran sempit biar gak lanjut nonton sampai selesai. Ini sih pemikiran gua aja ya, gak tau deh aslinya dia mikirin beginian atau nggak.

Kenapa gua bisa mikir kayak gitu? Nah, mulai nih nanya sendiri, jawab sendiri, wkwk…

Karena kalo penontonnya bisa bertahan dengan materi-materi yang dia bawain di awal, percayalah sisa penampilannya bakal jadi sebuah hiburan yang menyenangkan. Tapi kalo dari awal aja udah gak suka, ke belakangnya bakal lebih gak suka karena kekuatan utama dari materi-materinya adalah penerimaan karakter dia yang emang senyebelin itu. Gimana cara jelasin secara teknisnya ya? Bingung juga hamba.

Kalo lu nonton sendiri mungkin lu akan ngerti apa yang gua maksud. Sebuah pembahasan itu bisa lucu atau nggak, tergantung siapa yang bawain. Semakin kita kenal orangnya, dan tau karakternya, kita jadi lebih gampang nerimanya. Daripada orang yang entah siapa tiba-tiba ngebahas hal-hal yang kita gak tau dia sebenernya punya concern apa. Contoh gampangnya, kita liat komika Lampung ngebercandain nama Muhammad jadi pada heboh, salah satu faktornya karena kita gak kenal dia siapa, karakternya gimana, dan concernnya apa. Tapi pas kita nonton Mongol stress bahas homo, kita bisa ketawa, karena kita tau kalo Mongol itu kan… stress :p

Selanjutnya hal yang gak gua gak suka dari penampilannya. Gak ada. Hahahaha

Ok segitu aja ya. Seperti biasa, gak usah terlalu percaya sama tulisan gua. Silakan ditonton sendiri aja pertunjukannya, siapa tau pengalaman nontonnya beda.

Oh iya, gua rekomendasiin jam nontonnya kalo bisa pas lu lagi gak ada kesibukan apa-apa, karena dia tipe komika verbal yang harus disimak banget kata-katanya biar gak ketinggaln lucunya. Mirip-mirip lah kayak baca manga Hunter x Hunter, panjang bener teks, dan durasi hiatusnya.

Satu lagi deh. Kalo lu suka materi-materi yang bikin mikir kayak Ricky Gervais, mungkin lu juga akan suka sama pertunjukan stand up comedy show gua yang judulnya The Only Wan!

Silakan beli digital downloadnya di Comika.

Udah, gitu aja. Bye.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

Recent Update

Stand up comedy show The Only Wan! persembahan Ridwan Remin bisa anda saksikan dengan cara membeli Digital Download di comika.id