Pengalaman Nonton: Dave Chappelle

Perlu ada yang bangunin Dave dari mimpinya, biar bagus lagi standup-nya.

Sejujurnnya gua bukan lah pengagum Dave Chappele. Sebagus apa pun kata orang, tapi kalo bukan selera, ya mau gimana?

Dari beberapa pertunjukan stand up comedy-nya yang udah gua tonton di Netflix, The Dreamer adalah pertunjukan yang paling gak berkesan secara materi. Rasanya sama kayak nonton komika yang baru beberapa tahun standup, punya materi-materi yang mungkin dirasa lucu di openmic, terus digabungin jadi panjang. Udah, gitu doang.

Andai dia adalah komika indonesia yang gua kenal, kayaknya gua gak akan tega nulis pengalaman nonton pertunjukannya di sini. Karena akan lebih banyak kata-kata berbau evaluasinya daripada apresiasinya. Gak enak. Mending diobrolin pas lagi berdua. Itu juga kalo orangnya nanya gimana penilaian gua. Kalo nggak mah, ya udah, gua simpen sendiri aja.

Tapi karena gua gak kenal Dave, dan dia juga gak akan mampir ke blog ini, jadi gua tulis deh, bodo amat dikira sok tau juga, wkwk…

Pertama dari segi materi yang tadi udah gua singgung sedikit kalo gak ada yang berkesan. Atau kasarnya sih gak ada yang sebagus materi di pertunjukan-pertunjukan sebelumnya. Dengan set up yang lumayan panjang, punch line yang dia kasih banyak yang gak bisa ngebayarnya. Udah gitu pembahasannya kayak pada nanggung, gak sedalem kalo dia ngulik permasalahan di materi-materi sebelumnya. Jadi pas lagi nonton, gua malah sering ngedumel sendiri, “dih, gitu doang, Mas Dave?”

Kedua secara penampilan di atas panggung, atau apa ya sebutannya? Pokoknya penilaian ini berdasarkan apa yang gua liat di atas panggung deh. Dari mulai cara dia berdiri, ngomong, megang mic, dan lain-lainnya yang keliatan. Gua lumayan keganggu dengan seringnya dia mainin kursi. Bentar-bentar ditarik kursinya. Bentar-bentar dimajuin. Bentar-bentar dimundurin. Bentar-bentar di tengah-tengah dia ngomong, dia ambil kursi, dia dudukin, tapi abis itu dia berdiri lagi sebelum omongannya selesai. Tau gak sih, keliatannya jadi kayak komika baru yang grogi dan gak pede sama apa yang mau dibawain, jadi tangannya gak bisa diem, nyari-nyari apa aja yang ada di panggung buat dipegangin? Nah, gitu, ganggu. Selain itu, gua juga pas nontonnya keganggu sama kebiasaan dia yang tiap abis lempar punch line tuh balik badan, sok-sok mau kabur gitu. Sekali-dua kali sih enak-enak aja diliatnya, tapi kalo keseringan kan gua jadi pengen nanya, “Mas Dave, ngapain sih? Belom punch line itu, kok udah balik badan?”

Ketiga secara set list yang menurut gua bukan cuma gak lebih baik dari pertunjukan Dave Chappelle sebelumnya, tapi malah gak lebih baik dari banyak pertunjukan komika lain di luar sana. Biasanya komika luar kalo bikin dokumentasi pertunjukan apalagi sekelas Netflix ya, dipikirin banget set list dan alurnya sampe berasa kayak lagi nonton film yang bisa nahan penonton buat gak pergi. Sementara di pertunjukannya kali ini, gua tiga kali stop dan lanjut lagi beberapa jam setelahnya karena saking bosen dan gak menarik buat buru-buru diselesain.

Sebenernya masih banyak catatan yang menurut gua kurang dan bikin ganggu pas nonton pertunjukannya Dave Chappelle yang judulnya The Dreams ini. Tapi kayaknya cukup segitu aja deh ya ngomongin kekurangannya. Gua pengen ngelanjutin dengan hal-hal yang bisa dipelajari aja supaya nantinya gua gak ngelakuin kesalahan yang sama pas bikin pertunjukan.

Pembelajarannya banyak dari segi materi. Entah kenapa gua ngerasa Dave Chappelle udah terlalu banyak masukin usur keperibadiannya di proses pembuatan materinya, atau bahasa lainnya apa ya, persona? Karakter? Apalah itu.

Emang sih masukin personaliti kita ke materi itu bagus, biar materinya gak sama kayak komika lain, dan cuma kita yang bisa bawain. Tapi kalo kebanyakan jadinya kan gak proporsional.

Nah, di pertunjukannya itu gua ngerasa Dave Chappelle udah kebanyakan masukin unsur keperibadiannya sampe akhirnya dia keliatan kayak menganggap semua orang udah kenal gua nih, gak perlu dikasih banyak info lagi di materinya, pasti paham, langsung aja punch line! Padahal, gak bisa gitu. Kayak misal dia pas lagi ngebahas tentang posisioningnya yang sekarang udah gak mau lagi banyak bahas LGBTQ karena di pertunjukan sebelumnya dia ngebahas itu dan banyak dapet kritikan dari orang. Dia langsung aja tuh menganggap semua orang udah tau situasi dan kondisinya, tanpa ngasih info yang jelas buat orang-orang yang mungkin gak tau apa-apa soal masalah itu. Jadi gak sama deh referensinya di tiap penonton. Akhirnya yang tau mah mungkin terhibur, tapi yang gak tau kan jadi bikin review kayak gini, wkwk…

Ini pembelajaran buat gua. Untungnya emang masih gua terapin juga sampai sekarang. Ketika gua bikin materi, gua akan menganggap semua orang belom kenal sama gua, makanya selalu ada perkenalan di awal, atau pamanasan dulu dengan ngebahas hal-hal yang mengandung unsur pengalaman bersama atau keresahan bersama antara gua dan penonton, abis itu baru deh bisa bahas topik yang lebih dalam dan personal setelahnya. Tujuannya selain karena gua emang gak ngerasa segitu percaya dirinya kalo orang-orang udah kenal gua, gua juga pengen ngajak orang-orang yang sebelumnya emang gak kenal sama sekali buat bisa ikut dengan pembahasannya dari awal. Jadi referensi semua penonton yang ada di dalam acara bisa sama, dan gak ada yang nulis review kayak gini setelah nonton pertunjukan gua, hahahahaha

Udah ah. Sok iyeh nih gua.

Btw, gak usah terlalu percaya sama penialaian gua ya. Silakan nonton sendiri aja, siapa tau beda pengalamannya. Bye.

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

Recent Update

Stand up comedy show The Only Wan! persembahan Ridwan Remin bisa anda saksikan dengan cara membeli Digital Download di comika.id