Berubah Yuk!

Makin dewasa usia kita, biasanya makin banyak teman yang pergi, dan makin banyak penyesalan yang datang.

Salah satunya penyesalan karena telah menyia-nyiakan waktu. “Anjir, udah umur segini kok masih gini-gini aja sih?”, ujar batin tiap kali ada di keheningan malam, di tengah-tengah aktivitas ngopi, ngerokok, dan hal-hal lain yang membuang-buang waktu.

Katanya gak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri. Bisa dimulai dari sekarang. Yuk ah mulai! Apa dulu yang mau diubah? Gaya hidup? Hobi? Pekerjaan? Percintaan? Loh, banyak juga, jadi males duluan deh ngebayanginnya, wkwk…

Tapi kalau gak dimulai-mulai, gak berubah-ubah nih. Mulai dari yang gampang-gampang dulu deh.

Ubah gaya hidup!

Mulai sekarang gua mesti kurang-kurangin iri sama gaya hidup orang yang keliatannya enak, karena faktanya setelah diikutin gaya hidupnya, rasanya tuh gak enak-enak banget. Mungkin, karena gak cocok aja kali ya, jadinya gak kerasa enaknya. Misal, kayak iri sama orang yang tiap hari nongkrong di cafe-cafe yang instagram-able. Keliatan kayak enak gitu kalau diliat-liat dari postingan di sosial medianya. Tapi pas dijalanin, ternyata ya gitu aja rasanya. Rasa minumannya biasa aja. Rasa makanannya biasa aja. Suasana nongkrongnya juga biasa aja. Gak bikin suasana hati jadi langsung ceria juga. Apalagi kalau nongkrongnya sama orang yang gak seru-seru amat, ya makin gak seru aja. Udah lah, kurang-kurangin iri sama orang-orang yang ngelakuin aktivitas itu. Kalau punya banyak waktu luang mending istirahat di rumah, ngopi di teras, order makan di gofood, dan kalo mau dapetin suasana nongkrong tinggal buka instagram story temen-temen aja. Praktis, ekonomis, dan gak perlu ribet mikirin pake baju apalagi ya yang belum diposting di instagram. Alah, tai.

Lanjut, ubah hobi.

Sampai saat ini hobi gua tuh tidur. Seneng banget gua sama tidur. Karena ketika tidur gua gak perlu mikir, tinggal diem aja, pasrah. Tapi kayaknya pola pikir itu deh yang perlu gua ubah. Mulai sekarang gua mesti hobi bangun. Hobi terjaga. Hobi beraktivitas layaknya orang-orang sukses yang sering lupa waktu buat istirahat. Bisa gak ya gua? Harus bisa dong! Bangun mesti pagi, langsung mandi, abis itu mulai mikirin materi stand up comedy, latihan sampai sore, sampe lupa makan minum berak, malemnya berangkat ke tempat openmic, pulangnya re-write materi, dan ngebadanin ulang materi barunya sampai subuh. Besokannya gitu lagi, gitu lagi, gitu lagi. Kira-kira seminggu ke depan gua bakal sukses gak? Nggak lah! Minggu depannya langsung UGD karena kekurangan nutrisi dan kebanyakan nulis materi gak lucu.

Ok, lanjut lagi. Ubah pekerjaan.

Kayaknya nggak bisa langsung diubah deh, terlalu beresiko. Yang aman itu pekerjaan sebelumnya dikurangin, terus waktu kerja yang kosong ditambal sama kerjaan yang lain. Biar pendapatan bisa tetep ada, tapi pengalaman bisa lebih banyak. Tinggal dicari nih irisan pekerjaan yang dekat sama kerjaan sekarang. Karena stand up comedy tuh ilmu dasarnya ngomongin sesuatu, berarti kerjaan lainnya mesti yang berhubungan juga sama ngomongin sesuatu biar gak perlu mulai awal. Apa ya? Hmm, jadi biang gosip ada duitnya gak sih? Hahaha, tapi gak mau ah gosip-gosipan, rasanya kayak makan darah sodara sendiri. Mending ngomongin fakta-fakta aja… tentang sodara sendiri. Lah, samimawon. Paling cocok sih jadi podcaster aja kerjaan barunya, konsepnya bacain berita, terus dikomentarin. Pasti gampang tuh, bisa lah gitu-gitu doang mah, gak perlu lucu, yang penting informatif. Lagian kalo mau ngelucu ya jadi stand up comedian aja, tapi kan udah, masa di sana di sini ngelucu-ngelucu juga? Samimawon lagi dong. Udah, bikin podcast informatif aja, lucunya bonus. Bungkus.

Nah, yang terakhir nih. Percintaan. Kayaknya kalau yang ini gak usah diubah-ubah, selain susah nyari gantinya, pasti susah juga nih nyari lucunya kalau gua dilanjutin tulisannya. Jadi ya udah lah, udahan aja ya nulisnya. Bye!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

Recent Update

Stand up comedy show The Only Wan! persembahan Ridwan Remin bisa anda saksikan dengan cara membeli Digital Download di comika.id