Bungkus Tahun 2023

Masih harus sering-sering ngucap alhamdulillah, meski jalan hidup kadang-kadang astagfirullah.

Setiap berada di penghujung tahun pasti ada aja pertanyaan-pertanyaan di kepala seputar, “tahun ini udah ngapain aja?”, “lebih ok gak dari tahun sebelumnya?”, “udah makin kenal sama diri sendiri?”, “masih mau lanjut?”, “mau ngapain lagi?”, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang gak bisa gua tulis di sini karena gua gak inget.

Jadi di sini gua mau coba jawab pertanyaan-pertanyaan itu, meskipun gua yakin jawabannya gak penting-penting amat buat dikasih tau ke orang lain, tapi siapa tau abis baca ini ada yang kepikiran juga buat ngasih pertanyaan ke dirinya sendiri, dan kemudian jadi mesti mikirin jawabannya sendiri :p

“Tahun ini udah ngapain aja?”

Wah, banyak. Napas sama ngedip aja udah gak kehitung jumlahnya. Terus ngupil juga. Hmm, sama ngusap-ngusap jidat pas lagi ngerasa ada orang yang lagi ngeliatin juga kayaknya sering sih, maklum lah, buat orang yang tampangnya gak bagus-bagus amat kayak gua mah emang mesti rajin-rajin ngalangin muka pake tangan biar keliatan agak mendingan.

Selain itu, ada hal-hal yang baru terwujud di tahun ini. Misal kayak beli hunian dan kendaraan baru, terus bikin stand up comedy show yang digital download-nya dijual di comika.id (tetep promo), dan yang gak kalah membahagiakan di tahun ini gua berhasil ngebuktiin ke diri sendiri kalo mampu mempekerjakan orang buat bantu-bantu kerjaan gua. Ya, walaupun baru bisa bayar satu orang dan bayarannya juga belum gede-gede amat, tapi minimal udah berjalan dengan baik. Mudah-mudahan lah di tahun depan bisa nambah. Auk nambah apa, nambah pusing sih pastinya.

“Lebih ok gak dari tahun sebelumnya?”

Pasti. Eh, insyaAllah deh. Tergantung tolok-ukurnya apa? Kalo perbandingannya dari saldo rekening, kayaknya masih banyakan tahun kemarin. Tapi kalo perbandingannya dari aset yang udah dimilikin, ya banyakan tahun ini lah. Cie gitu. Santai.

Kalo diinget-inget lagi semenjak berhasil jadi juara 1 SUCI 7 Kompas TV di tahun 2017, selalu ada hal baru dalam hidup yang bisa gua sebut sebagai pencapaian. Mungkin konsep pencapaiannya bukan yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, karena biasanya yang udah gua capai di tahun lalu gak gua lanjutin juga di tahun berikutnya. Entah karena emang ngerasa gak sreg ngejalaninnya, atau karena udah nemu hal lain yang lebih menarik buat dikerjain.

“Udah makin kenal sama diri sendiri?”

Yap. Ternyata bener kata orang, kalo kita pengen terlihat beda dari orang lain, kita cukup jadi diri sendiri aja, karena tanpa diniatin buat beda pun keperibadian kita gak akan ada yang bisa ngikutin. Kalo yang ngatain sih pasti ada aja, tapi yaudah lah, kan kita bisa ngatain balik pas orangnya lagi tolol.

Makin ke sini gua makin tau apa yang gua suka dan apa yang bikin gua muak. Jadi udah tau nih kalo lagi gak mood mesti ngapain biar perasaannya bisa jadi lebih baik. Atau kalo sekiranya hidup lagi baik-baik aja, udah tau juga nih mesti kepoin akun sosial media orang tolol mana lagi biar punya keresahan buat dijadiin materi stand up, wkwk…

“Masih mau lanjut?”

Hmm… ini pertanyaan tanpa konteks ya, silakan disesuain sendiri aja maksudnya apaan. Tapi dalam hal apa pun itu, jawaban gua bakalan sama, yaitu: masih. Karena kayaknya sekarang belum waktunya buat berhenti. Lagian mau gak mau juga pasti lanjut gak sih? Selama semesta masih mendukung, dan perasaan bahagia pas ngejalaninnya itu masih ada mah gas terus!

Masih banyak kesempatan yang belum disempetin, dan masih banyak cobaan yang belum dicobain. Jadi kayaknya di tahun depan gua bakal banyak memulai hal baru deh, biar tau rasanya aja. Dan hal-hal barunya itu mungkin gak secara langsung ada hubungannya sama duit, atau karir. Lebih ke arah muasin hasrat manusia untuk terus bertumbuh aja. Karena gua percaya seiring peningkatan value kita sebagai manusia, duit dan karir mah pasti ngikutin. Asal jangan kelamaan gembok akun aja, biar gak susah itu rejeki buat follow-nya. Ngok.

“Mau ngapain lagi?”

Banyak. Mungkin gua kasih tau beberapa yang gak penting aja ya. Soalnya kalo yang penting-penting mah disimpen dulu, nanti kalo udah berhasil dijalanin baru gua ceritain di akhir tahun lagi.

Salah satu hal yang pengen gua lakuin di tahun depan, gua pengen ngeluangin lebih banyak waktu buat ngeliatin kelakuan orang-orang tolol di era modern, gua pengen tau, bisa bertahan hidup sampe mana sih mereka? Kalo ternyata masih selamet-selamet aja, berarti ada benernya apa yang sering diomongin sama orang-orang males, kalo sekolah tuh gak segitu pentingnya.

Terus gua juga pengen coba kurangin rokok dan begadang. Nah, ada yang mulai seneng nih kayaknya baca bagian ini. Sebenernya bukan karena gua mulai peduli sama kesehatan, santai aja itu mah, asuransi tahunan gua lumayan mahal kok. Tapi gua mulai mikir, kok kayaknya enak bener ya jadi orang yang gak kecanduan rokok dan begadang. Mereka bisa banyak ngelakuin aktivitas di dalam ruangan tanpa ngerasa bibirnya asem. Terus kalo pulang ke rumah larut malem juga gak perlu repot-repot nyari minimarket yang searah jalan pulang dulu buat nyetok rokok di rumah. Enak banget. Pas sampe rumah juga bisa langsung bersih-bersih dan tidur, gak kayak gua sekarang yang kalo jam tidurnya udah kelewat dikit aja bisa bablas gak tidur sampe sore. Sekalinya ketiduran, bangun-bangun udah malem, pas orang-orang udah mulai sibuk sama mimpi-mimpinya. Sirik lah gua sama orang-orang kayak gitu. Makanya pengen ih nyoba supaya bisa ngubah pola hidup di tahun depan. Emang sih sepele ya, tapi gak apa-apa, kan ada yang bilang, perubahan-perubahan kecil itu nantinya bisa jadi awal mula untuk perubahan yang besar. Jadi siapa tau kan, dari niat cuma pengen ngubah gaya hidup dehgan ngurangin rokok dan begadang, di tahun depan gua bisa jadi duta asap atau minimal partner podcastnya Rhoma Irama lah, wkwk…

Ok, selesai ya tanya jawab sama diri sendirinya. Sekarang mau lanjut ngedumel dikit.

Menurut gua bikin resolusi di akhir tahun itu gak perlu deh. Karena keinginan kita tuh cepet banget berubahnya. Tujuan hidup kita juga belom tentu sama tiap harinya. Jadi kelamaan aja sih kalo mesti nunggu pergantian tahun buat mulai langkah. Gua juga baru sadar hal ini sekarang-sekarang sih. Kemaren-kemaren mah gua sama aja kayak orang kebanyakan yang masih mikir, “nanti deh mulainya tahun depan”, padahal bisa langsung mulai aja ya. Ngapain harus nunggu tahun depan? Tukang kalendar aja udah mulai jualan sebelom ganti tahun, masa kita mau ketinggalan?

Eh, emang tukang kalendar masih ada ya?

Kayaknya udah gak laku deh, kan kalendar udah ada di hp.

Eh, tapi kok tukang jam tangan masih laku-laku aja ya?

Berarti tukang kalendar nih yang payah, gak bisa bikin produknya tetap jadi kebutuhan. Harus banyak-banyak belajar lagi deh sama pengusaha saluran radio nih. Radio kan hebat tuh, masih bisa bertahan aja walaupun digempur tv, internet, dan spotify.

Eh, tapi stasiun radio yang gulung tikar juga banyak ya?

Kayaknya yang punya radionya mantan tukang kalendar deh, jadi sama-sama kurang siap buat bersaing.

Eh, tapi udah kepanjangan ya?

Yaudah deh udahan.

Bye.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

Recent Update

Stand up comedy show The Only Wan! persembahan Ridwan Remin bisa anda saksikan dengan cara membeli Digital Download di comika.id