Stand Up Fest 2023

Ini bukan review acara, cuma sekadar ungkapan rasa sebagai salah satu penampilnya.

Gua mau ngucapin terima kasih banyak buat komunitas stand up indonesia yang udah balikin stand up festival jadi ajang “lebaran” bagi para pecinta stand up comedy di tanah air. Keren. Buat semua pihak yang terlibat, kalian sungguh hebat.

Langsung aja.

Di balik hingar-bingar acara, banyak hal yang sebenernya gak kalah seru buat dibahas. Kayak perasaan yang campur aduk dari sebelum dan setelah acaranya selesai. Dari awal pas tau kalo bakal tampil di stand up fest 2023, perasaan udah gak karuan, ada senengnya, ada takutnya, ada bangganya, ada pusingnya, ada bodo amatnya, ada semua deh kayaknya. Apalagi pas diumumin susunan line up dapet di hari pertama sebelum komika terakhir, makin runyam aja rasanya. Karena di satu sisi ngerasa, “emang bisa ya gua tampil lebih baik dari komika-komika yang tampil sebelumnya?”, tapi di sisi lain juga ngerasa, “masa sih gak bisa?” :p

Mulai deh pilih-pilih materi apa yang bakal dibawain. Lama juga tuh milihnya, karena resiko komika yang cuma ngandelin verbal kayak gua, milih topik pembahasan gak bisa sembarangan, mana tampilnya di akhir-akhir. Kalo topiknya terlalu biasa atau mainstream kayak “efek stand up comedy di hidup gua” atau “pengalaman berumah tangga” kayaknya bakal dibawain duluan deh sama komika sebelumnya. Meskipun gak mungkin sama percis pembahasannya, tapi balik lagi, karena modal gua cuma materi verbal, mirip dikit aja resikonya gede, bisa berkurang efek kejutnya. Jadi, makin pusiiiiiing dah mau bawain materi baru apa nih yang bisa bikin tampilnya yakin.

Ada tiga opsi materi baru sebenernya, cuma dari ketiganya gak ada yang bener-bener bisa bikin gua yakin. Ada materi yang udah solid, tapi durasinya kepanjangan. Ada materi yang durasinya pas, tapi lucunya masih jarang-jarang. Dan ada juga nih materi yang belum jadi apa-apa, baru dapet kerangkanya doang. Padahal udah beberapa kali sharing ke komika lain, tapi makin diobrolin malah makin gak pede buat nerusin materi itu sampe jadi, arrgghh…

Pas hari H, gua putusin buat bawain opsi materi yang pertama. Materi yang udah solid, tapi durasinya kepanjangan. Dan sesuai ekspektasi, gua gak puas-puas amat tampilnya karena gua mesti motong materi dan gak bawain joke penutupnya. Andai boleh ngaret 2 menit aja, bisa kebawa semua tuh set-nya, tapi karena gua liat timer udah pas 10 menit, dan gua juga gak suka ngaret-ngaret takut ngerugiin acara sekaligus komika yang akan tampil setelahnya, jadi yaudah lah udahan aja. Huft.

Gua pikir, setelah beres tampil, perasaan gua akan balik normal lagi. Ternyata nggak. Masih ngejelimet. Bedanya, kalo sebelumnya gua cuma fokus mikirin materi, setelahnya gua malah rungsing mikirin kualitas diri, “kayaknya gua udah jauh ketinggalan deh sama komika-komika lain”. Asli, malah ngerasa rendah bener gua setelah nonton langsung komika-komika yang tampil di hari pertama, dan liatin testimoni-testimoni penampilan para komika di hari kedua dan ketiga yang seliweran di sosial media.

Banyak yang jauh lebih menghibur penampilannya, banyak yang jauh lebih mateng delivery-nya, banyak yang jauh lebih jago story telling-nya, banyak yang jauh lebih lengkap “senjata” buat nyiptain kelucuannya, dan banyak yang jauh lebih sukses juga sih keliatannya. Sementara gua kok masih gini-gini aja ya? Bikin materi masih dari hal-hal terdekat yang remeh-temeh. Delivery seadanya. Story telling kagak bisa. Senjata cuma verbal. Sukses? Relatif sih ya, tergantung tolok-ukurnya apa, tapi kalo dari segi “keliatannya” mah belum sukses-sukses amat ini gua, masih jauh dari bisa nge-hire banyak orang buat kerja sama gua. Rumah juga belum lunas, cie gitu.

Lanjut.

Perasaan-perasaan negatif itulah yang akhirnya jadi alesan kenapa gua gak repost story testimoni penonton stand up fest 2023 kemarin. Maaf ya buat 100 orang lebih yang mention di instagram dan twitter. Gua malu. Gua ngerasa gak layak dapet pujian buat penampilan kemarin. Karena gua sendiri nilai penampilannya biasa aja, gak jauh beda dari penampilan-penampilan gua sebelumnya, gak ada peningkatan. Sedih. Dan perasaan-perasaan negatif itu juga yang akhirnya bikin gua gak berani dateng di hari kedua dan ketiga stand up fest 2023. Gua takut makin tiarap aja nanti mentalnya kalo ngeliat langsung gap antara kualitas gua dan komika-komika lain yang jauh lebih keren di hari-hari berikutnya. Eh, yang kayak gini perlu diomongin gak sih sebenernya? Gak penting ya, wkwk…

Tapi tentunya perasaan negatif itu gak jauh lebih besar dari perasaan positif yang juga gua rasain. Bangga, haru, dan gak nyangka kalo stand up comedy indonesia udah bisa sampe sini. Begitupun ke diri sendiri yang udah ikutan maju sejalan dengan semua itu. Meskipun majunya belum bisa sampe di paling depan, tapi kalo dibanding sama gua sebelum kenal stand up comedy, rasanya udah jauh banget, dan udah hampir gak keliatan lagi dulu gua kayak apa, tau-tau udah kayak gini aja. Apa sih? Ngok.

Harapannya, anjay, udah mau udahan nih tulisannya kalo udah ada harapan. Semoga hal-hal seperti ini akan selalu ada. Pergolakan perasaan positif dan negatif kayak gini kadang dibutuhin juga buat bisa nyadarin diri dan kemudian tergerak buat ningkatin kualitas lagi. Semoga bukan cuma gua deh yang mikir kayak gini, supaya di kesempatan yang lain kita bisa sama-sama nunjukin perubahan yang jauh lebih baik dari hari ini. Karena gua juga sempet kepikiran, “kalo gua yang tampilnya udah segitu aja masih mikir ginian, masa sih komika-komika yang tampilnya gak sampe segitu gak kepikiran dan cuma seneng-seneng aja repost story pujian?” Hahahahahaha

Anyway, makasih ya buat yang udah mau baca ini sampe akhir, gabut bener lu. Bye.

10 Comments

  • Bang Remin, fakta bahwa pergolakan batin seperti ini ternyata terjadi di dalam diri seorang Ridwan Remin, bikin penghormatan gua ke elo makin tinggi. Gua emang selalu hormat sama orang-orang yang meletakkan standar yang tinggi untuk karya-karyanya sendiri. Rispeeeek! Sebab hal itu tuh butuh komitmen. Kalo kita gak bisa komit sama tujuan yang udah kita tentuin di awal, udah pasti yang terjadi cuma bacot doang. Tapi sejauh gua ngikutin stand up comedy lo, gua gak pernah kecewa dan selalu merasa kagum; entah sama penulisannya maupun alur berpikirnya yang rapi. Dua hal itu terasa ketika lo di panggung. Gua bisa ngebayangin, pasti berat banget proses yang udah dilaluin sama lo untuk bisa menghasilkan materi sebagus itu. Dan bayangan itu muncul juga ketika gua nonton lo di Standup Fest hari pertama. Gua mikir, “Anjir, kok kepikiran ya nulis hal itu?” “Gila, perspektifnya!” Dan gua termasuk orang yang IG Storiesnya gak lo repost. Hehe. Awalnya sempat mikir, “Kenapa ya gak direpost? Apakah Remin sok ekslusif? Atau pendapat gua yang gua tulis di caption itu gak dia sukain?” Tapi besoknya gua lihat lo ngelike story itu. Ngelike doang, tetep gak direpost. Haha. Di situ setidaknya pikiran kalo lo gak suka ama caption gua langsung hilang. Tergantikan ama pikiran, “Mungkin emang harus cool gitu kali untuk jadi komika sekeren Remin.” Hahaha. Dan postingan lo ini menjelaskan semua yang tadinya cuma bisa diduga-duga, dan ternyata semua di luar dugaan gua. Lo gak sok eksklusif, lo gak sok cool… Melainkan lo emang orang yang sekompleks itu. Pantesan lo bisa nulis sesuatu dengan serapi dan sedetail itu. Nggak semua penulis (bukan cuma komika) mau melalui proses yang rumit dan capek untuk ngehasilin karya yang kualitasnya tinggi. Dan elo mau mengorbankan hidup lo (cia elah) buat ngehasiln karya-karya yang pada akhirnya selalu bikin gua dan orang-orang lain kagum. FYI aja bang, dan lo juga mungkin gak peduli, wkkkk, gua dan mungkin yg laen juga gak pernah membanding-bandingkan elo dan materi lo dengan komika lain dan materi mereka. Kayak gua yg gak pernah bandingin Ace Hardware sama Superindo lah misalnya. Gak mungkin gua nyari semangka di Ace Hardware, atau nyari obeng yang beneran bagus di Superindo (meski Superindo jualan obeng juga iya, tapi gua gak ke sana kalo nyaro obeng, karena gua gak percaya standar kualitas mereka buat perkakas). Nah begitu juga gua gak akan nyari materi penulisan rapi di komika yang kekuatannya di actout, dan sebaliknya. Lo adalah panutan banyak orang soal penulisan, Bang. Gua mau kasih tau itu aja, meski lo juga mungkin gak peduli, wkkkk!

  • YG GW KAGUMI DARI LU ADALAH CARA PANDANG/PIKIR YG BERBEDA DAN BERANI UNTUK BERADA DI POSISI YG BERSEBRANGAN DENGAN KOMIK LAIN. MISAL PAS DITANYA NANTI SPESIALNYA DIJUAL DIGITALNYA GA, HAMPIR SEMUA KOMIK BAKAL BILANG MAU, TAPI ELU ENGGA, BERANI GITU UNTUK JADI BEDA MESKI MUNGKIN GA DISUKA BANYAK ORANG.

    SETELAH BACA TULISAN LU INI, GW MAKIN KAGUM LAGI, KARENA LU PUNYA STANDAR UNTUK MENILAI DIRI LU SENDIRI. KAYAKNYA HAMPIR SEMUA ORANG YANG JADI SAKSI DI HARI PERTAMA TERMASUK GW, SEPAKAT BAHWA PENAMPILAN LU, TUH GA BIASA-BIASA AJA, PADA KAGUM SAMA PENULISAN LU YG RAPIH, ARGUMEN YG GA BIASA JUGA BERANI, DAN GA SEDIKIT KOMIKA YANG BERGUMAM “KOK BISA YA NULIS KAYAK GITU”. YA MUNGKIN SECARA DELIVERY GA SEHEBOH GE ATO PRAZ, TAPI KAN ITU STYLE DAN IDENTITAS MASING-MASING KOMIKA, LU JUGA PUNYA. TAPI GW BUKAN LU, GW GA NGERTI RASANYA DI POSISI LU, SIAPA LAH GW? CUMAN PENIKMAT STAND UP DARI 2011 DAN BARU JADI KOMIKA 1.5 TAHUN INI.

    DARI RATUSAN KOMIKA YG TAMPIL DARI AWAL AMPE AKHIR, PENAMPILAN LU TERMASUK YG PALING BERKESAN BUAT GW, SOSOK YG GW JADIIN ACUAN, SEKARANG TERASA MAKIN JAUH BANGET. DAN SETELAH BACA TULISAN LU, SEKARANG GW BARU TAHU, KALO LU BISA MALU, BISA SEDIH, TERNYATA LU MANUSIA JUGA YA? HAHAHA

  • Salam bang( ett dianggap sok asik gak ya? Heheh
    Oke langsung aja ini bukan puji pujian untuk penampilan Lo bang, tapi menurut gua, Lo salah satu penampil di acara standupfest2023 yg pas gua pulang gua masih inget Lo ngomongin apa aja bang.

    Berarti teori Lo yg bilang kalo tampil di acara festival yg penting gak gak ngebom itu gak berlaku lagi ya bang sekarang? (So asik ke 2 heeheh.

    Dari Lo gua belajar, bahwa standup comedy itu serius tapi bercanda, bercanda untuk serius. Segala sesuatu harus dipikirkan dulu, sebelum naik panggung dan sesudah naik panggung.

  • Bang😭😭😭, penampilan se keren kemaren kok bisa bilang ga puas😭😭😭, orang samping gue sampe ngomong “nih orang ngasih titik sama koma doang orang ketawa ya”. Rasanya sebagai awam pun gue menyadari 1 hal, bahwasannya lu paling atas dalam rantai makanan penulisan. Keep it up banggg, sampai jumpa dibanyak panggung berikutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

Recent Update

Stand up comedy show The Only Wan! persembahan Ridwan Remin bisa anda saksikan dengan cara membeli Digital Download di comika.id