Dilema Komika Satu Tahunan

Kalau lu adalah seorang komika yang baru satu tahunan belajar stand up comedy, mungkin sekarang lu lagi ngerasain dilema, antara mau lanjutin openmic tapi gak lucu-lucu, atau berhenti dan cari kesibukan lain yang kayaknya lebih gampang.

Gua mau cerita sedikit perjalanan gua jadi komika di tahun pertama. Siapa tau lu bisa menemukan titik cerah, sebelum akhirnya tetep menyerah :p

Di tahun pertama gua gabung komunitas @StandUpIndo_BGR, gua tuh komika yang paling lambat perkembangannya dibanding komika lain yang seangkatan di komunitas. Alasannya, karena terlalu banyak hal yang perlu gua pelajari, dan gua bentuk terlebih dulu.

Di saat yang lain terjun ke dunia stand up comedy bermodal pengalaman panggung (kayak mc, penyiar radio, anak band, motivator, dll), gua memulainya cuma bermodal rasa suka dengan keseniannya, dan ditambah sedikit rasa ingin mencoba hal baru dalam hidup.

Pengalaman panggung gak punya, wawasan gak banyak, selera humor gak bagus, pembawaan gak luwes, delivery gak bikin orang nyaman liat gua lama-lama, dan masih banyak lagi kekurangan yang perlu gua cukupin untuk bisa tampil di panggung openmic dengan hasil yang memuaskan.

Jadi selama setahun itu gua gunain waktu buat nyicil ilmu. Sambil terus openmic, dan bikin materi baru, gua nambalin satu-satu kekurangan yang gua punya. Gua jadi sering baca-baca berita di twitter buat nambah wawasan, gua jadi sering nontonin stand up comedian lain di Metro TV dan Kompas TV buat ningkatin selera humor (waktu itu gua belum akrab sama youtube), gua jadi sering ngomong sendiri buat ngapalin materi (biasanya pas lagi naik motor), dan gua jadi sering nongkrong sama komika senior supaya bisa tau gimana caranya mereka berpikir. Ternyata setelah semua itu gua lakuin, alhamdulillah, hasilnya gua jadi makin tau kalau stand up comedy tuh kesenian yang ribet banget, hahaha

Apa dulu gua pernah dilema antara mau lanjut atau berhenti? Yak, tentu!

Gua pernah cabut kok ninggalin komunitas setelah lima kali berturut-turut tampil gak lucu sama sekali. Jangankan diketawain, diperhatiin aja kagak sama penonton, lama-lama depresi gua, ngok.

Tapi entah kenapa, setelah beberapa bulan gua gak berhubungan sama stand up comedy, gua ngerasa kangen gitu sama suasana openmic. Nah, pas rasa kangen itu muncul, tiba-tiba gua jadi semangat lagi buat nulis materi, latihan di motor, nulis materi lagi, latihan di motor lagi, tapi gak tampil-tampil karena masih trauma datang ke openmic.

Sekitar satu bulanan deh gua ngelakuin rutinitas nulis materi dan latihan di motor tanpa tampil. Begitu gua ngerasa mental gua udah siap, gua baru balik lagi ke komunitas buat nyobain openmic. Gua masih inget banget tuh openmic pertama gua setelah ngilang berbulan-bulan itu di kampus IPB Bogor. Dan lu tau apa yang terjadi? Gua lucu malam itu! Yeah!

Itu adalah malam paling bahagia selama setahun gua jadi komika, bahkan rasanya, dapet pacar cantik aja gak pernah sebahagia itu, serius. Gak pernah dapet pacar cantik maksudnya, hahaha

Ya, intinya, gak ada usaha yang sia-sia. Semua yang gua dapet malam itu bukan cuma karena usaha gua dalam sebulan terakhir, tapi secara gak langsung, semua yang gua lakuin jauh sebelumnya (nambalin kekurangan yang gua punya) itu juga ngebentuk penampilan gua jadi lebih baik. Materi gua jadi lebih rapi, tutur kata gua jadi lebih terstruktur, delivery gua jadi lebih enak ditonton, dan penampilan gua jadi lebih percaya diri dari sebelumnya.

Gimana, udah termotivasi belom?

Gua sih gak akan pernah mau motivasi komika baru yang gak lucu-lucu. Karena menurut gua, sehebat-hebatnya motivator gak akan bisa ngubah nasib seseorang kalau orang itu sendiri gak mau usaha buat ngubahnya. Jadi, silakan diputuskan sendiri mau lanjut atau berhenti. Atau mau cari motivator yang lebih ok? Silakan! Paling gua cuma bisa bilang, seandainya dulu gua putusin buat berhenti, mungkin gua gak akan pernah ada di posisi ini. Gua gak akan pernah ngerasain jadi juara 1 SUCI 7 Kompas TV, dan gua gak akan pernah punya mobil tanpa harus beli! Wkwk…

***

Repost from: medium.com/@ridwanremin

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

Recent Update

Stand up comedy show The Only Wan! persembahan Ridwan Remin bisa anda saksikan dengan cara membeli Digital Download di comika.id