Pengalaman Nonton: Mike Birbiglia

Pertama kali nonton show dia di Netflix, respon gua “Wah!”. Pas nonton show berikutnya, respon gua “Dih?”.

Judul pertunjukannya yang pertama kali gua nonton itu “The New One”. Secara garis besar dia ngebahas tentang sikap dia yang males punya anak, sampai akhirnya dia punya anak dan bisa ngerti kenapa orang-orang mau punya anak.

Pengalaman nontonnya cukup biasa aja sih sebenernya, serasa kayak lagi ngeliat bapak-bapak ngedumel, dan ngerasa semua orang perlu dengerin semua yang pengen dia omongin, gak ada yang boleh bantah, pokoknya dengerin aja, “diem lu semua!”

Tapi di satu sisi, hal itu juga yang bikin gua ngerasa “Wah! Bisa gini aja ya standup”. Gak perlu ngelucuin hal-hal yang gak berhubungan sama cerita yang lagi dibahas, gak perlu banyak ngebohong cuma buat dapet ketawa penonton dan dianggap “lucu amat sih hidup lu fak kata gua teh”. Yaudah, cerita aja. Dia sadar penonton datang buat dengerin semua cerita dia kok, santai, pelan-pelan, nanti juga sampai ke titik lucunya.

Hal lain yang bikin gua ngerasa kagum, dia bikin satu pertunjukan itu cuma dengan satu pembahasan aja. Topiknya pindah-pindah, tapi tetep berhubungan. Gak tiba-tiba abis ngomongin anak sendiri terus pindah jalur ngeledekin anak presiden yang mau jadi presiden juga sampe gumoh. Yang dibahas ya di situ-situ aja, kadang dimajuin dikit alurnya, kadang diperdalam dikit permasalahannya, tapi abis itu balik ke jalan utamanya.

Dan yang cukup unik dari penampilannya di acara itu adalah gimmick-nya. Dengan banyak banget properti yang dibawa ke panggung, kayaknya agak susah sih buat diikutin. Minimal mesti punya promotor yang duitnya banyak kayak Netflix dulu baru bisa tuh request begituan.

Setelah ngerasa puas dengan pertunjukan yang pertama, gua nonton lagi pertunjukan keduanya yang baru aja dirilis di netflix. Judulnya “The Old Man and The Pool”.

Menurut gua, bukan salah penonton yang akhirnya punya ekspektasi berlebih ketika nonton sebuah pertunjukan, apalagi pertunjukan sebelumnnya cukup mengesankan. Dan sebagai penampil, gua ngerasa bukan salah penampilnya juga kalo gak bisa membayar ekspektasi penonton, karena siapa suruh berekspektasi? Wkwk…

Hal yang bikin gua kurang suka penampilannya di acara ini adalah kemiripan formula yang disajikan. Meskipun pembahasannya beda, tapi karena gayanya sama jadi ya terasa membosankan aja. Cuma karena masih berpikiran positif “ah nanti juga keren nih di akhirnya kayak pertunjukan sebelumnya”, jadi disabar-sabarin aja deh nontonnya sampai selesai.

Gimmick-nya tetep ada, dan tetep kerasa niat. Lagi-lagi susah buat ditiru di show sendiri mah, gak kuat duitnya. Tapi karena gak terlalu ngaruh juga keberadaan gimmick dengan pembahasannya, jadi kayak gak perlu ada gituan juga bisa tetep lanjut nih acara, wkwk…

Masalah besar yang paling ngeganggu sepanjang nonton pertunjukannya tentu dari materinya. Dia ngebahas tentang penyakit-penyakit yang udah mulai dideritanya dan bikin dia kebayang-bayang soal kematian. Udah, satu tema itu aja. Sama kayak sebelumnya. Kadang alurnya dimajuin dikit, kadang masalahnya diperdalam dikit. Tapi karena udah tau formula itu, jadi sisi “Wah!”-nya hilang. Dan materinya terlalu banyak ngebawa emosi penonton ke tempat rendah, gimana ya nyebutnya. Kayak misal bikin penonton hening dengan ngomongin sesuatu yang deep, gitu. Mungkin kalo sesekali aja sih keren, cuma kalo keseringan males juga, berasa lagi ikut acara seminar motivasi. Tapi karena gua masih berpikiran positif, yaudah lah sabar-sabarin aja sampai akhir.

Begitu sampai di akhir, ekspektasi gua pun terbayar dengan kebingungan. “Dih? Apaan sih? Kok gini?”. Tanpa bermasud buat spoiler ya, tapi menurut gua setiap jokes itu punch line-nya atau penutupnya harus berupa kata-kata yang diakhiri dengan titik atau tanda seru kalo emang emosional banget. Bukan diakhiri dengan tanda tanya, koma, apalagi sebagian teks hilang. Karena walaupun ada beberapa jokes yang kelucuannya udah ada di kepala penonton, tapi tetep aja kelucuannya harus keluar dari lu, apalagi ini closing, hmm… gak ngerti deh, mungkin selera gua aja yang gak nyampe, dan itu gak perlu didebat.

Cuma dari pertunjukan keduanya pun gua tetep dapet pembelajaran yang lumayan bermanfat, setidaknya sekarang gua jadi makin yakin kalo jadi orang jangan terlalu berpikiran positif pas lagi nonton pertunjukan. Kalo lima menit gak seru, langsung skip nonton anime lagi aja, hahahahaha

Udah segitu doang cerita pengalamannya, makasih ya udah mau baca. Bye.

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

Recent Update

Stand up comedy show The Only Wan! persembahan Ridwan Remin bisa anda saksikan dengan cara membeli Digital Download di comika.id