The Only Wan!

Menjadi stand up comedian itu salah satu pilihan yang gak akan pernah gua sesali seumur hidup. Banyak hal yang udah gua dapatkan setelah memutuskan untuk menjadi stand up comedian. Dari mulai pertumbuhan ekonomi, popularitas, jejaring pertemanan, kesempatan demi kesempatan yang datang, sampai yang paling berharga yaitu kebebasan dalam berpikir. Proses ...

Ridwan Remin itu Tidak Lucu

Komedi itu kan masalah selera, jadi yang menurut kita lucu belum tentu lucu juga menurut orang lain. Dan gak apa-apa, gak perlu menurut-menurut amat lah jadi orang, wkwk… Sama seperti pekerjaan lain, jadi stand up comedian pun ada resikonya. Dibilang gak lucu lah, dibenci karena materinya menyinggung lah, atau bahkan ...

Stand Up Comedy Butuh Bakat?

Kalo udah bertahun-tahun ikut komunitas stand up comedy tapi karirnya masih di situ-situ aja, tenang, bukan berarti lu gak bakat. Mungkin karena lu gak lucu aja. Gua paling sebel kalo ada yang nganggep orang yang bisa jago di satu bidang itu karena bakat. Bakat tuh apa sih? Tai kucing. Sama ...

Mengenal Stand Up Comedy

Ada yang bilang, “tak kenal maka tak sayang”. Tapi kalo udah kenal apa udah pasti jadi sayang? Belum tentu. Bisa juga cuma jadi temen. Cie gitu. Awal perjumpaan gua sama kesenian stand up comedy tuh kira-kira di akhir tahun 2011. Gua liatnya di acara Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV. ...

Ditolak dan Menolak

Namanya juga kerja sama, bisa sama-sama kerja, bisa juga kerja sama-sama. Kalo gua sih milih yang pertama, sama-sama kerja. Karena kalo kerja sama-sama, biasanya kecil bayarannya, bahkan gak ada, wkwk… Ketika mutusin untuk sama-sama kerja, pasti ada yang namanya kompromi. Apa yang bisa gua kerjain buat mereka, dan apa yang ...

Openmic? Penting?

Buat gua sih openmic tuh penting banget, gak tau deh buat komika lain. Kalo sebuah materi stand up comedian itu bisa disebut sebagai karya, mungkin cuma di tempat openmic lah gua beneran bisa berkarya, karena di sana gua bisa ngejajal materi-materi baru yang gua konsepin sedemikian rupa, gua bisa ngebawain ...

Nulis Materi itu Susah, tapi Jangan Nyerah!

Kalo lu adalah seorang stand up comedian, dan lu ngerasa makin ke sini nulis materi itu makin susah, tenang… karena lu gak sendirian! Bukan cuma komika baru, bahkan komika yang udah bertahun-tahun nulis jokes pun pasti pernah ngerasain yang namanya ‘mentok’. Ide baru tuh rasanya susah banget muncul di otak. ...

Dilema Komika Satu Tahunan

Kalau lu adalah seorang komika yang baru satu tahunan belajar stand up comedy, mungkin sekarang lu lagi ngerasain dilema, antara mau lanjutin openmic tapi gak lucu-lucu, atau berhenti dan cari kesibukan lain yang kayaknya lebih gampang. Gua mau cerita sedikit perjalanan gua jadi komika di tahun pertama. Siapa tau lu ...

Bertahan, Beradaptasi, dan Berbahagia

Orang yang kerja keras bisa kalah sama orang yang kerja cerdas, orang yang kerja cerdas bisa kalah sama orang yang kerja ikhlas, dan orang yang kerja ikhlas bisa kalah sama orang yang gak kerja tapi tanah warisannya luas. Halo, selamat datang di blog baru gua. Setelah sekian lama kepengen punya ...